Mengenal eMMC Yang Jika Rusak, Perbaikannya Mahalnya Nggak Karuan

Jalan ROOT - eMMC adalah Embedded Multi-Media Controller, dimana sebuah media penyimpanan berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller yang berbentuk sebuah Chip. eMMC belum lama dikembangkan dan sebelumnya diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis yang dikontrol oleh CPU dan disimpan pada tempat yang sama sehingga menimbulkan kinerja Android menjadi lemot.

Karena itu eMMC dikembangkan sebagai metode standarnya Android sehingga tidak membebani CPU dalam memproses dan menyimpan. Walaupun termasuk terbaru tetap memiliki kelemahan yakni data yang tersimpan bisa saja rusak. seperti judulnya perbaikan eMMC cukup mahal dikarenakan sedikit yang bisa memperbaiki dan sulitnya saat diperbaiki. Dan juga mungkin hanya Vendor penyedia saja yang bisa memperbaiki, itupun masih tetap mahal.
Berikut jenis-jenis eMMC dengan jumlah pin:

1. Package 169 atau 153
Gambar dibawah adalah Pin Out eMMC 169 atau 153

2. Package 162 atau 186
Gambar dibawah adalah Pin Out eMMC 162 atau 186
3. Package 221
Gambar dibawah ini adalah Pin Out eMMC 221
Demikian tentang "Apa Itu eMMC???" Berdasarkan pengalaman Admin, Admin pernah mendatangi Counter dan divonis eMMC harus ganti dan biayanya yakni 150 rb. Padahal Smartphone tersebut mungkin jika dijual berkisaran hanya 150 rb. Intinya kerusakan eMMC patut diperhitungkan sobat. Dan ingat bahwa setiap beda Merk Smartphone beda pula Harga perbaikan.
-Kerusakan awal tidak akan jadi kerusakan Selamanya selama ada usaha-

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal eMMC Yang Jika Rusak, Perbaikannya Mahalnya Nggak Karuan"

  1. mungkin emang bener bang. Tapi waktu divonis emmc konternya bilang 150 atau 250. tapi nggak jadi lgsng tk bawa pulang.. mungkin klo 150 emang gk berthn lama

    ReplyDelete
  2. padahal bendanya kecil tapi kalau rusak memang fatal...
    power supply hp

    ReplyDelete